Begini Cara MIND ID Lakukan Transisi Energi di Pertambangan

Infografis, MIND ID Pelopor Dekarbonasi di Indonesia

Holding Industri Pertambangan MIND ID terus mendukung langkah pemerintah dalam transisi enegeri, khususnya upaya mengejar netralk karbon atau net zero emission (NZE) di tahun 2060 atau lebih cepat.

Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso menyebutkan sesuai dengan aspirasi dan target pemerintah, MIND ID sudah mengurangi karbon sampai dengan 2% hingga tahun 2023. Hal ini diikuti dengan target di tahun sebesar 20%, 240 sebesar 45%, hingga pada tahun 2060 mencapai 100%.

“Para anggota grup MIND ID yang kami rencanakan sampai dengan tahun 2060 sesuai juga dengan aspirasi dan target pemerintah skenario penurunan emisi dari kalo diambil¬†baseline-nya ini syukur alhamdulillah kita sudah bisa mencapai antara 1-2% sampai 2023,” ujarnya pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VII DPR RI dengan Dirut MIND ID, Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Selain itu, Hendi menyebutkan ada 3 program utama yang menjadi pegangan MIND ID dalam mencapai Net Zero Emission (NZE) di tahun 2060. Diantaranya adalah Mencegah, Mengurangi, dan Mitigasi. “Ada 3 program utama yaitu program kita mencegah, kita menyediakan berinvestasi dan meningkatkan solusi alternatif energi yang lebih rendah emisi karbon di seluruh rantai nilai,” pungkasnya.

Adapun, Hendi menyebutkan peta jalan netral karbon di tahun 2060 dengan Operational Energy Efficiency. Hal ini dilakukan dengan memonitor emisi gas metana dan intensitas energi di tahun 2023.

Kemudian dengan Natural Gas Shift yaitu peningkatan pemanfaatan gas bumi sebesar 40-40% di tahun 2030 sejak tahun 2021. Selanjutnya ada Low Carbon Power dengan fokus terhadap pembangkit listrik dengan sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Hendi melanjutkan, MIND ID turut melakukan konversi energi primer untuk kebutuhan operasional. Diikuti dengan teknologi Carbon Capture Storage (CCS) dalam pengembangan teknologi untuk menangkap emisi CO2. Terakhir dengan Digitalisasi implementasi sistem monitoring efisiensi energi berkelanjutan.

Untuk diketahui, MIND ID mendukung gebrakan pemerintah Indonesia untuk melakukan terobosan dalam mempercepat pertumbuhan industri kendaraan listrik nasional. Hal ini sejalan dengan tren dunia yang tengah bergerak ke arah penggunaan kendaraan yang hemat energi dan ramah lingkungan.

Penerapan green mining dalam koridor good mining practice, MIND ID melihat bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan Environmental, Social, and Governance (ESG) merupakan hal penting serta sebuah investasi dan akan kembali kepada pengelolaan korporasi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*