Belasan Gunung Idaman Pendaki Ini Ternyata Berstatus Waspada

Smoke rises from Mount Semeru in Lumajang on December 5, 2022. - Indonesia's Mount Semeru erupted on December 4 spewing hot ash clouds a mile high and rivers of lava down its side while sparking the evacuation of nearly 2,000 people exactly one year after its last major eruption killed dozens. (Photo by JUNI KRISWANTO / AFP) (Photo by JUNI KRISWANTO/AFP via Getty Images)

Pemerintah melalui Badan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat, ada sebanyak 17 Gunung Api di Indonesia yang masuk ke dalam level 2 atau waspada.

Koordinator Gunung Api PVMBG, Oktory Prambada menyebutkan, dalam Desember 2022 ini jumlah Gunung Api pada tingkat aktivitas level 2 atau waspada sebanyak 17 Gunung Api.

Diantara ke-17 gunung api ini terdapat gunung yang memperlihatkan aktivitas erupsi, diantaranya: Gunung Dukono di Kabupaten Halamhera Utara dan Gunung Ibu di Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara. Lalu, Gunung Kerinci di Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Jambi.

Sedangkan Gunung Api lainnya belum menunjukan aktivitas peningkatan atau penurunan adalah Gunung Awu, Raung, Sinabung, Dempo, Werung, Karangetang, Soputan, Banda Api, Bromo, Rinjani, Lokon, Gamalama, Sangeangi dan Marapi.

“Dalam bulan Desember 2022 tingkat aktivitasnya masih level II/waspada, tidak ada kejadian bencana yang mengakibatkan korban harta dan jiwa,” tandas Oktory.

Sebelumnya, diantara ke-17 Gunung Api yang masuk dalam level waspada, PVMBG melaporkan telah terjadi erupsi Gunung Kerinci, Jambi, Sumatera Barat pada tanggal 06 Desember 2022 pukul 08:22 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 700 m di atas puncak (± 4.505 m di atas permukaan laut).

Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 3 mm dan durasi ± 1 menit.

Kegempaan hembusan, pada saat laporan di buat gunung kabut 0II

Saat ini G. Kerinci berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi:

1. Masyarakat di sekitar gunung api kerinci dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada di puncak gunung api kerinci di dalam radius 3 km dari kawah aktif (masyarakat dilarang beraktifitas di dalam radius bahaya/KRB III).

2. Sebaiknya jalur penerbangan di sekitar gunung api kerinci dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*