Jokowi Blak-Blakan Bingung dengan PSBB dan PPKM, Kok Bisa?

Presiden Jokowi serahkan penghargaan penanganan Covid-19, Jakarta, (20/3/2023). (Tangkapan layar youtube Setpres RI)

Presiden Joko Widodo kerap tidak menyukai singkatan atau istilah yang panjang. Bahkan sempat mengaku bingung dengan singkatan pembatasan kegiatan masyarakat ketika pandemi Covid – 19 pada masa lalu.

Hal ini diungkapkan Jokowi dalam acara Penghargaan Penanganan Covid – 19 di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2023).

“Sampai kadang saya bingung ini ada singkatan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) seperti pak Menko Perekonomian sampaikan, belum PSBB apa singkatannya muncul PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) ini apa lagi,” kata Jokowi dalam sambutan.

Selain itu juga banyak istilah lainnya yang belum pernah didengar, namun kini diketahui khalayak banyak karena pandemi Covid – 19.

Bahkan dalam kesempatan itu dia juga meminta salah satu tamu undangan untuk menjelaskan singkatan dari PSBB maupun PPKM.

“Ada yang tahu singkatan PPKM saya tunjuk mungkin satu orang, mungkin dia nggak tau. Berani taruhan saya, termasuk ibu-ibu yang tertawa belum tentu tahu kepanjangan PPKM. Coba maju ibu,” kata Jokowi.

Tamu undangan asal Kalimantan maju atas permintaan Jokowi. Sosok ibu yang bekerja sebagai Kepala Puskesmas itu menjawab dengan tepat arti PSBB.

“Pembatasan Sosial Berskala Besar,” kata Ibu itu yang juga meminta sepeda dari Jokowi.

“Oke betul makasih ibu. Nanti sepedanya saya kirim,” jawab Presiden sambil tertawa.

Dalam kesempatan itu Presiden juga memberi penghargaan yang besar kepada tenaga kesehatan, petugas dan relawan yang telah gugur dalam tugas menangani pandemi Covid – 19. Dia berharap masalah lainnya juga bisa diselesaikan dengan kerjasama ‘ala covid’ yang kompak dari tingkat pusat hingga daerah.

“Dan kepada bapak ibu yang menerima PPKM Award saya menyampaikan selamat, marilah pengabdian ini terus kita lanjutkan untuk memecahkan berbagai masalah kemanusiaan dan kebangsaan dan membangun Indonesia menjadi negara maju,” kata Jokowi.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*