Kampanye Prabowo-Anies-Ganjar Dimulai, TikTok Siapkan Ini

Kampanye Prabowo-Anies-Ganjar Dimulai, TikTok Siapkan Ini

FILE - A federal judge has approved a request from a group of WeChat users to delay looming U.S. government restrictions that could effectively make the popular app nearly impossible to use. In a ruling dated Saturday, Sept. 19, 2020, Magistrate Judge Laurel Beeler in California said the government’s actions would affect users’ First Amendment rights as an effective ban on the app removes their platform for communication. (AP Photo/Mark Schiefelbein, File)

Masa kampanye Pemilu 2024 dimulai hari ini hingga 10 Februari 2024. Seiring dengan itu, TikTok meluncurkan sejumlah fitur keamanan yang bekerjasama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo).

Fitur-fitur tersebut adalah Pusat Panduan Pemilu 2024, Tombol Lapor Misinformasi Pemilu, dan Tag Peringatan.

Lewat fitur itu pengguna dapat menggali informasi https://toto-jp-slot.monster/ akurat, mengecek fakta, hingga melaporkan konten yang terindikasi misinformasi atau teori konspirasi.

“Yang menjadi highlight di sini adalah Pusat Panduan Pemilu 2024, ” ujar Anbar Jayadi selaku Outreach & Partnership, Trust and Safety, TikTok Indonesia saat konferensi pers di Jakarta, Senin (28/11/2023).

Isi yang ada di dalam Pusat panduan ini adalah tagar dari kampanye TikTok yaitu Saling Jaga. TikTok juga memberi informasi dasar hitung mundur Pemilu 2024, dan waktu saat pengguna dapat menggunakan hak pilih.

“Melalui Notice Tag ini user bisa diarahkan ke Pusat Panduan Pemilu 2024, kalau di klik akan muncul video-video terkait pemilihan umum untuk mengetahui lebih lanjut mengenai informasi terkait Pemilu 2024,” jelasnya.

Masa kampanye Pemilu 2024 dimulai hari ini hingga 10 Februari 2024. Seiring dengan itu, TikTok meluncurkan sejumlah fitur keamanan yang bekerjasama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo). (CNBC Indonesia/Intan Rakhmayanti Dewi)Foto: Masa kampanye Pemilu 2024 dimulai hari ini hingga 10 Februari 2024. Seiring dengan itu, TikTok meluncurkan sejumlah fitur keamanan yang bekerjasama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo). (CNBC Indonesia/Intan Rakhmayanti Dewi)
Masa kampanye Pemilu 2024 dimulai hari ini hingga 10 Februari 2024. Seiring dengan itu, TikTok meluncurkan sejumlah fitur keamanan yang bekerjasama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo). (CNBC Indonesia/Intan Rakhmayanti Dewi)

Selain itu, ada juga notice tag yang bisa pengguna klik untuk mengetahui lebih lanjut tentang Pemilu 2024.

Dalam pusat panduan tersebut ada Search Guide yang menampilkan banner untuk mengarahkan pengguna ke Pusat Panduan Pemilu 2024.

“Misalnya kalau mencari kata kunci Pemilu 2024 di TikTok teman-teman akan ada muncul banner seperti election awareness. Ketika teman-teman klik, itu akan mengarahkan semua user Tiktok ke Pusat Panduan,” kata Anbar.

Pengguna TikTok bisa melaporkan video hoaks yang berkaitan dengan Pemilu. Pengguna hanya perlu menekan video selama tiga detik, kemudian, akan muncul pop-up untuk melaporkan video tersebut.

Anbar menjelaskan penanganan laporan video tersebut akan ditangani tidak lebih dari 2 jam.

“Kurang dari 2 jam, intinya secepat mungkin memberikan hasil dari laporannya apakah melanggar pedoman komunitas,” jelas dia.

Dan ketika pengguna membagikan sebuah video TikTok, akan muncul opsi yang menanyakan apakah pengguna yakin akan membagikan video tersebut.

“Tag peringatan dan juga notifikasi teman-teman kreator jika mau berbagi video yang dianggap misinformasi dan teori konspirasi, supaya user tidak sembarangan berbagi video,” kata Anbar.

Selain panduan komunitas dan fitur keamanan, TikTok bekerja sama dengan pemeriksa fakta independen supaya ada langkah holistik untuk menangani hoaks di TikTok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*