Kapal Perang Rusia Tiba-tiba Nongol di Sekutu AS, Tanda Apa?

Kapal perang Moskva Rusia. (REUTERS/STRINGER)

Kapal Angkatan Laut Rusia melakukan kunjungan ke Arab Saudi pada Rabu, (5/4/2023). Hal ini dilakukan ketika Moskow sedang memiliki hubungan yang memanas dengan sekutu Riyadh, Amerika Serikat (AS).

Militer Rusia mengatakan ada dua kapal Moskow yang melakukan perjalanan ke Pelabuhan Jeddah. Dua kapal itu terdiri dari fregat Laksamana Gorshkov dan kapal tanker laut menengah Kama.

“Selama mereka tinggal, kapal akan mengisi bahan bakar, air minum, dan persediaan makanan mereka,” tambah pejabat militer Rusia dikutip media Russia Today.

Laksamana Gorshkov sendiri merupakan kapal perang yang mampu membawa rudal jelajah hipersonik Zircon. Bersama dengan Kama, keduanya memulai pelayaran mereka pada bulan Januari tahun ini, berangkat dari pangkalan utama Armada Utara Rusia, Severomorsk.

“Detasemen sejak itu telah berpartisipasi dalam dua latihan angkatan laut internasional di Samudera Hindia, serta Laut Arab, melintasi garis khatulistiwa dua kali,” kata pernyataan itu.

Pelayaran ini sendiri dilakukan setelah kedua kapal berlabuh di lepas pantai negara Djibouti di Afrika Timur pada akhir Maret lalu. Di negara itu, kedua kapal berlabuh untuk meningkatkan kerja sama militer kedua negara.

Sementara itu, berlabuhnya kedua kapal ini terjadi saat hubungan Moskow dengan sekutu Riyadh, AS, memanas. Ini disebabkan langkah Rusia menyerang Ukraina, yang dipandang Washington sebagai sesuatu yang ilegal.

Meski begitu, di sisi lain, hubungan Saudi dan AS juga memanas akhir-akhir ini sejak Presiden Joe Biden berkuasa di Negeri Paman Sam. Tercatat, penguasa de facto Saudi, Mohammed Bin Salman (MBS), telah melakukan langkah-langkah diluar keinginan AS seperti memotong produksi minyak di saat harga komoditas itu melambung tinggi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*