KPUD Toba Musnahkan Surat Suara yang Lebih dan Rusak Selama Penyortiran dan Pengepakan

Sehari sebelum pemilihan umum (pemilu), Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Toba memusnahkan sejumlah surat suara yang dinyatakan rusak dan berlebih.

Ketua KPUD Toba Sugar Sibarani menjelaskan, ada sebanyak 2327 surat suara yang dimusnahkan.

“Dalam peraturan disebutkan, pemusnahan surat suara yang lebih dan yang rusak saat penyortiran dan pengepakan dilakukan sehari sebelum pemilihan. Hal itu kita lakukan hari ini,” ujar Ketua KPUD Toba Sugar Sibarani, Selasa (13/2/2024).

“Kalau yang kita musnahkan hari ini, yang rusak akibat sortir sebanyak 1385 dan sisa kelebihan itu ada sebanyan 942,” sambungnya.

Ia menjelaskan, kategori surat suara rusak adalah surat suara yang hasil cetak warna surat suara tidak merata, tidak jelas, tidak terbaca, dan banyak noda atau surat suara kusut/ mengkerut dan sobek.

“Dari sisi teknis yang kita gunakan agar tidak memengaruhi, misalnya ada bercak pada nomor atau pada foto salah satu paslon, atau ada juga robek. Inilah yang kita masukkan dalam kategori surat suara yang rusak,” tuturnya.

“Dari proses sortir dan pengepakan, kita memiliki panduan tersendiri. Sehingga yang kita lakukan dalam proses itu sesuai dengan peraturan itu. Memang, kerusakan itu pada hasil cetak,” tuturnya.

Selanjutnya, ia jelaskan perihal proses pendistribusian logistik pemilu pascapenyortiran dan pengepakan. Hingga saat ini, pendistribusian telah berjalan hampir 100 persen.

“Kita sudah hampir 100 persen pendistribusian logistik pemilu dari KPU ke tingkat kecamatan. Sekarang, tinggal dari tingkat kecamatan menuju tingkat desa dan TPS,” tuturnya.

Selanjutnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Toba memastikan Alat Peraga Kampanye (APK) telah bersih saat masa tenang. Ketua Bawaslu Toba Sahat Sibarani menjelaskan, masa tenang berlangsung sejak tanggal 11 hingga 13 Februari 2024. Ia juga berrharap pemilu yang akan berlangsung esok hari, Rabu (14/2/2024) berjalan lancar.

“Jadwal masa tenang itu mulai tanggal 11 hingga 13 Februari 2024. Hari ini, Alat Peraga Kampanye sudah bersih. Semuanya sudah diturunkan,” ujar Ketua Bawaslu Toba Sahat Sibarani.

“Nah, mudah-mudahan pemilu kita berjalan lancar pada pemilu 2024 yang akan berlangsung esok hari,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*