Kutu Busuk Mewabah di Dunia, Begini Ciri-Cirinya di Kulit

Kutu Busuk Mewabah di Dunia, Begini Ciri-Cirinya di Kulit

kutu rumah. (Dok. New York State Departement of Healt)

Serangan kutu busuk dengan cepat menyebar di sejumlah negara di dunia. Pertama kali muncul di Perancis pada awal tahun ini, wabah kutu busuk telah muncul di Korea Selatan, Hong Kong, Thailand, Taiwan, dan terbaru di Singapura.

Pesatnya perkembangan hama tersebut https://buddykas.store/ membuat banyak negara lain di Asia menjadi khawatir. Apalagi, sejumlah perusahaan pembasmi hama sudah mulai kebanjiran pesanan.

“Bayangkan saja jika seseorang check-in di sebuah hotel di Bangkok yang ada kutu busuk, lalu kutu busuk tersebut menumpang di koper, dan orang itu kemudian check-in di hotel lain di Singapura,” ujar Chow-Yang Lee, profesor urban entomology dari University of California, Riverside, seperti dikutip dari The New York Times, Selasa (28/11/2023).

“Serangga akan terbawa ke lokasi baru, keluar dari koper dan mulai menyerang di lokasi baru ini.”

Di Singapura, perusahaan pembasmi hama Aardwolf Pestkare, menyebut bahwa ada peningkatan kasus yang berhubungan dengan kutu busuk sebesar 40% dalam dua bulan terakhir, menurut laporan CNA.

Perusahaan pembasmi hama yang lain, Pestbusters, juga mengalami kenaikan permintaan sekitar 15% dalam enam bulan terakhir.

Tanda kutu busuk di kulit

Kutu busuk adalah salah satu jenis serangga berbentuk pipih dan lonjong. Binatang kecil ini perlu diwaspadai karena kerap bersembunyi di perabotan rumah seperti kasur.

Meskipun tidak berbahaya, kutu busuk dapat mengganggu dan membuat stres karena memakan darah manusia. Efek dari gigitan kutu rumahan ini bisa berbeda di setiap orang, bisa hanya berupa bekas gigitan kecil, hingga reaksi alergi yang serius.

Tanda paling nyata dari masalah kutu busuk bisa ditemukan pada kulit Anda. Gigitan kutu busuk biasanya berukuran kecil dan merah, serta terasa gatal.

Gigitannya mungkin juga meradang. Namun, tidak semua orang bereaksi terhadap gigitan kutu busuk dengan mengalami bintik merah atau area gatal.

“Sebagian orang mungkin terkena kutu busuk dan tidak mengetahuinya karena banyak orang tidak memiliki reaksi fisik terhadap gigitan kutu busuk. Itulah mengapa penting bagi orang-orang di mana pun untuk memeriksa kutu busuk secara teratur,” kata Ahli Entomologi Orkin Dr. Ron Harrison kepada AOL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*