Makan Siang Gratis Disebut ‘Prank’, Kini Subsidi BBM dan Elpigi Bakal Dipangkas, Begini Kata TKN

Heboh soal subsidi BBM dan elpiji bakal dipangkas demi makan siang gratis yang disebut ‘prank’, begini penjelasan TKN Prabowo-Gibran.

Belakangan heboh soal pemangkasan BBM subsidi demi makan siang gratis yang dicanangkan pasangan Prabowo-Gibran.

Hal ini tentunya membuat masyarakat resah mengingat saat ini hasil quick count Prabowo-Gibran unggul jauh di atas pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

Terkait hal tersebut, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Eddy Soeparno beri penjelasan.

Eddy menegaskan pihaknya tidak akan memangkas subsidi energi seperti bahan bakar minyak (BBM) dan gas elpigi 3kg untuk program makan siang gratis.

Eddy juga menegaskan ini untuk mengklarifikasi pernyataannya ketika wawancara dengan salah satu media asing soal subsidi BBM dan gas elpigi 3kg bakal dipangkas demi program makan siang dan susu gratis bagi anak sekolah.

Eddy menjelaskan pernyataan utuhnya dalam wawancara itu adalah capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan mengevaluasi pemberian subsidi energi agar lebih tepat sasaran.

“Yang saya katakan secara keseluruhan adalah subsidi yang tidak tepat sasaran akan dievaluasi dan penghematannya dapat dialokasikan untuk pembiayaan program APBN lainnya,” kata Eddy dalam keterangannya, Sabtu (17/2/2024).

“Saya tidak pernah mengatakan bahwa subsidi BBM bakal dipangkas, tapi penyaluran subsidi Energi perlu dievaluasi agar lebih tepat sasaran,” imbuh dia.

Pimpinan Komisi VII DPR RI ini menjelaskan bahwa pemerintah menggelontorkan subsidi energi sebesar Rp 500 triliun di tahun 2023.

Sedangkan, Rp 350 triliun digelontorkan pada tahun 2024.

Jumlah subsidi itu, kata Eddy hanya digunakan untuk pertalite dan gas elpiji 3kg.

Menurut dia, 80 persen dari subsidi energi itu justru dinikmati oleh kalangan yang tidak berhak menerimanya, seperti masyarakat yang mampu dan industri.

“Dalam wawancara itu saya jelaskan bahwa 80 persen subsidi energi yang salah sasaran dan dinikmati mereka yang tidak berhak ini akan diatur kembali agar lebih tepat sasaran, yakni kepada mereka yang tidak mampu dan membutuhkan seperti UMKM,” ungkap Eddy.

“Bagaimana cara mengaturnya? Yaitu dengan menyempurnakan data penerimanya dan diperkuat dengan payung hukum yang menegaskan kriteria masyarakat yang berhak menerima subsidi ini, termasuk soal sanksi bagi mereka yang melanggarnya,” jelas dia.

Menurut Eddy, jika subsidi energi yang tersalur lebih tepat sasaran, maka bisa menghemat APBN dan selanjutnya digunakan untuk pembiayaan program-program lain termasuk program makan siang gratis.

Viral di media sosial kabar jika program makan gratis dan susu gratis yang dicanangkan pasangan Prabowo-Gibran adalah ‘prank’.

Pasalnya, program makan gratis Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka itu baru akan terealisasikan di tahun 2029.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Nusron Wahid menegaskan program susu dan makan siang gratis pasangan calon (paslon) nomor urut 2 akan dilaksanakan secara bertahap.

Program susu dan makan siang gratis itu menjadi sorotan, setelah Prabowo-Gibran dinyatakan unggul di hasil real count Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pasalnya, janji tersebut baru terealisasi kepada anak-anak sekolah pada 2029 mendatang, sehingga dianggap sebagai prank.

Menanggapi isu tersebut, Nusron dengan tegas langsung membantah bahwa program itu hanya prank semata.

Ia lantas mengatakan, program susu dan makan siang gratis akan dilaksanakan secara bertahap.

Kemudian, baru akan terealisasi atau dirasakan secara menyeluruh kepada anak-anak sekolah pada 2029 mendatang.

Di mana, targetnya pada lima tahun ke depan, ada sebanyak 82,9 juta anak yang menerima susu dan makan siang gratis.

“Pelaksanaan makan siang dan susu gratis itu dilaksanakan secara bertahap, dan akan meng-cover semua anak Indonesia sebanyak 82,9 juta itu tahun 2029,” kata Nusron saat dikonfirmasi, Jumat (16/2/2024).

Dalam hal ini, Prabowo-Gibran pun dituding tidak terbuka soal janji makan siang dan susu gratis itu yang baru terealisasi pada 2029.

Nusron menegaskan lagi, sejak awal, pihaknya mengklaim sudah menyuarakan hal tersebut selama kampanye.

“Sejak awal memang sudah kami sampaikan akan dilaksanakan secara bertahap,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*