Pacu Hilirisasi, MIND ID Siap Jadi Perusahaan Kelas Dunia

MIND ID

Holding Industri Pertambangan, MIND ID saat ini mengemban tugas untuk menjalankan program akselerasi hilirisasi, terutama dari komoditas pertambangan. Melalui program hilirisasi, Indonesia bisa mendapatkan pertambahan nilai jual berkali lipat ganda dari komoditas pertambangan.

Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf mengatakan bahwa holding pada saat ini tengah menjalankan mandat dari Pemerintah yang sudah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo agar dapat menjadi perusahaan kelas dunia.

“MIND ID fokus menjalankan mandat Pemerintah untuk bisa menjadi perusahaan kelas dunia melalui penguasaan cadangan minerba di Indonesia, pengembangan bisnis hilirisasi, dan kepemimpinan pasar,” tegas Heri dikutip dari ketarangan tertulis, Sabtu (18/3/2023).

Lebih lanjut, MIND ID mendukung program pemerintah yang mendorong ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dari hulu sampai hilir. Menurut dia, ekosistem kendaraan listrik tersebut pada akhirnya bakal memacu Indonesia ke dalam lini supply chain global.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyampaikan seluruh transportasi massal di Tanah Air ditargetkan berbasis listrik. Target itu juga sejalan dengan komitmen pada Perjanjian Paris 2015, di mana Indonesia sudah meratifikasi kesepakatan terkait perubahan iklim tersebut.

“Salah satu program MIND ID saat ini mengembangkan bisnis yang terintegrasi bauksit-aluminium dalam mendukung swasembada aluminium dalam mendukung terciptanya ekosistem Electric Vehicle. Selain itu komoditi nikel yang merupakan salah satu komponen penting untuk pembuatan baterai,” imbuh Heri.

Sehingga agar tercapai tujuan tersebut, MIND ID melakukan upaya corporate action berupa reorganisasi PT INALUM (Persero). Di mana MIND ID akan fokus menjadi strategic holding melalui RUPS yang akan diselenggarakan pada Selasa (21/3/2023) mendatang.

“Saat ini, seluruh Manajemen MIND ID berkomitmen menjalankan amanah dan rencana strategi perusahaan sesuai dengan penugasan dari Pemerintah untuk bisa membawa Indonesia ke panggung dunia melalui pengelolaan sumber daya alam yang terintegrasi dan berkelanjutan,” tegas Heri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*