Segini Upah Debt Collector Tiap Tarik Mobil Nunggak Kredit

Pekerja memeriksa mobil bekas yang dijual di Garnet Auto, Jakarta, Jumat (25/11/2022). Perusahaan leasing blak-blakan mengetatkan proses pencairan kredit kendaraan bermotor dan mobil saat ini. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Banyak orang mungkin bertanya-tanya dengan gaji debt collector.

Profesi itu kerap menimbulkan keresahan di lingkungan masyarakat karena menggunakan metode mengintimidasi secara verbal dan non verbal.

Kendati demikian, tugas mereka bertujuan untuk menjaga sebuah institusi dari terjadinya kredit macet yang sangat membahayakan negara.

Terlepas dari hal tersebut, pekerja penagih utang itu cukup menjanjikan. Lantas berapa nominal gaji debt collector?

Praktisi Asset Recovery Management salah satu perusahaan Leasing kendaraan di Indonesia Budi Baonk mengatakan, pihak Debt Collector akan dibayar sesuai dengan tarif yang telah disepakati bersama perusahaan leasing.

Komisi atas penarikan aset leasing tersebut disepakati ketika surat kuasa diturunkan dari Perusahaan Leasing ke Perusahan Jasa penagihan eksternal.

“Rentang harga [tarif debt collector] paling kecil Rp 5 juta sampai Rp 20 juta,” ungkap Budi kepada CNBC Indonesia, seperti dikutip, Minggu (19/3/2023).

Budi menambahkan, besaran fee atau upah debt collector ini tergantung jenis unit yang diamankan. Misalnya, kalau mobilnya keluaran terbaru akan lebih mahal ketimbang mobil produksi lama.

Harga juga dapat berbeda-beda tergantung entitas bisnis debt collector itu sendiri. Biasanya penentuannya ditetapkan dari variabel track record perusahaan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*