Terungkap! Bos MIND ID Blak-blakan Alasan ‘Beli’ Motor Gesits

Sejumlah pengemudi Gojek bersiap untuk mengendarai motor listrik usai peresmian shelter motor listrik G20 di kawasan pariwisata ITDC Nusa Dua, Bali, Rabu (19/10/2022). Sebanyak 50 motor listrik dengan merek Gesits dan Gogoro disediakan Electrum untuk armada ojek online (ojol) Gojek dalam penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Indonesia, yang akan berlangsung pada 15-16 November 2022 mendatang di Nusa Dua, Bali. (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Holding BUMN Pertambangan MIND ID blak-blakan perihal anak usahanya yakni Indonesia Battery Corporation (IBC) yang memutuskan untuk mengakuisisi pabrikan motor listrik asal Indonesia yakni Gesits.

Keputusan IBC mengakuisisi motor listrik Gesits karena mempertimbangkan banyak hal. Salah satunya supaya IBC dapat menguasai proses manufaktur kendaraan listrik di dalam negeri.

Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID Dany Amrul Ichdan mengatakan proses akuisisi Gesits dilakukan guna mendukung ekosistem pengembangan baterai kendaraan listrik di dalam negeri. Apalagi pada periode 2023-2024 pihaknya melalui IBC bakal memulai produksi baterai pertamanya untuk kendaraan roda dua.

“Makanya kita beli Gesits. Gesits sebagai bagian dari strategic anorganiknya dari IBC untuk akuisisi supaya kita menguasai dulu manufaktur nya. Manufakturnya harus ambil yang sudah settle. Nah Gesits kita ambil, kita punya OEM sendiri, nah dari situ kita lakukan penetrasi pasar,” ujar Dany kepada CNBC Indonesia dalam acara Closing Bell, dikutip Rabu (22/2/2023).

Untuk diketahui, IBC menguasai 53,93% saham PT Wika Industri Manufaktur (WIMA), produsen motor listrik Gesits. Hal ini setelah IBC resmi mengakuisisi saham milik PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi (WIKON) yang merupakan anak usaha dari PT Wijaya Karya (WIKA) pada Desember 2022 lalu.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama IBC Toto Nugroho dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (15/02/2023). Dengan akuisisi ini, maka menurutnya Gesits akan didorong menjadi juara motor listrik di Indonesia.

“Kami bisa update juga, saat ini sudah kami lakukan akuisisi ke Gesits, sebelumnya dari Wikon grup dari WIKA, ini sudah kami miliki mayoritas saham. Salah satu hal yang benar-benar didorong sekarang bahwa Gesits ini menjadi national champion untuk pengembangan kendaraan elektrik roda 2,” ungkap Toto dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VI DPR RI, Jakarta, Rabu (15/2/2023).

Toto menambahkan bahwa salah satu hal yang paling penting adalah Gesits menggunakan teknologi yang dikembangkan oleh Indonesia sendiri.

Selain itu, dia mengatakan bahwa Gesits juga menyumbang Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang tinggi. Saat ini, Toto klaim bahwa TKDN Gesits mencapai 47%.

“Dan salah satu hal yang sangat strategis di Gesits ini benar-benar dibangun dari teknologi putera bangsa dan TKDN-nya paling tinggi, sekarang hampir 47%. Jadi ini hal yang sangat positif, bukan hanya baterai, tapi dari segi kendaraan motor juga kami push,” tandasnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*